Headlines News :
Home » » Pakaian adat pria Jambi

Pakaian adat pria Jambi

Written By Buana TV on Tuesday 24 June 2014 | 00:59

Pakaian adat Jambi atau dikenal dengan pakaian adat Melayu. Pakaian adat Jambi lebih mewah lebih mewah dari pada pakaian yang digunakan sehari-hari karena disulam dengan benang emas dan dihiasi dengan berbagai hiasan untuk kelengkapannya.

Dalam berbusana untuk sehari-hari pada awalanya kaum wanita lebih dikenal dengan kain dan baju tanpa lengan. Begitupun dengan pakaian pria yang hanya cukup mengenakan celana setengah ruas dan sedikit melebar pada bagian betisnya dan pada umumnya berwarna hitam, karena itulah kaum pria lebih leluasa dalam bergerak atau dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu juga pakaian yang dikenakan pria umumnya dilekngkapi dengan kopiah sebagai penutup kepala.

Untuk lebih jelasnya hal yang membedakan dalam pakaian adat tradisonal Jambi antara pria dan wanita dalam perkembangan berikutnya.
Pakaian Adat Pria

Ada beberapa bagian yang menjadiciri dari pakaian yang dikenakan pada pria diantaranya.
  1. Lacak: lacak terbuat dari kain beludru warna merah yang diberi kertas tebal di dalammnya agar menjadikannya keras. Tutup kepala ini memiliki dua bagian yang menjulang tinggi, dengan julangan yang lebih tinggi pada bagian depannya. Selain Lacak, adajuga
  2. Flora yang terbuat dari daun, tangkai klan bunga yang akan mekar.
  3. Tali Runci yang diletakan pada bagian pinggir sebelah kanan diberilukisan yang diimbangi oleh penempatan bungo runci di sebelah kiri. Bungo runci ini berwarna putih dirangkai dengan benang, dapat berupa bunga asli atau tiruannya. Sedangkan Bajunya disebut baju kurung tanggung berlengan panjang. Disebut tanggung karena panjangnya hanya sedikit di bawah siku tidak sampai kepergelangan tangan. Hal ini mengandung makna seseorang harus tangkas dan cekatan dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan. Bahannya terbuat dari beludru warna merah diberi sulaman benang emas. Pada bagian tengahnya terdapat motif kembang bertabur atau kembang tagapo dan kembang melati, sedang bagian pinggirnya bermotifkan kembang berangkai atau pucuk rebung.
  4. Cangge (celana). Pada bagian Cange atau celana, uumnya terbuat dari beludru yang dilengkapi dengan tali sebagai ikat pinggang. Ikat pinggang atau kain Sarung Songket tersebut merupakan kebiasaan masyarakat Jambi yang dililitkan di pinggul.
  5. Teratai Dada: Digunakan sebagai penutup dada dan dipasang melingkari leher sehingga menyerupai kerah. Dinamakan Teratai Dada karena bentuknya seperti bunga teratai dipasang. Maka penutup dada ini disebut Teratai Dada
  6. Gelang Kilat Bahu: Kilat bahu di pasang pada bagian kedua tangan dan dihiasi gelang terbuat dari logam celupan berlukiskan naga kuning. Lukisan naga ini mengandung makna bila seseorang telah diberi kekuasaan janganlah diganggu.
  7. Selempang: Selempang ini dikenankan menyilang badan dan terbuat dari songket warna merah keungu-unguan sebagai pasangan kain sarung dengan motif bunga berangkai dan beranting.
  8. Selendang: Selendang tersebut berwarna merah jambu digunakan pada bagian pingganng yang pada ujung ujungnya diberi rumbai-rumbai warna kuning. Untuk memperkuat bagian pinggang ini digunakan pending berupa rantai dengan sabuk sebagai kepala terbuat dari logam.
  9. Keris Dan Selop: Biasanya diselipkan di perut menyerong kekanan melambangkan kebesaran sekaligus untuk berjaga-jaga. Sedangkan selop atau alas kaki yang berbentuk setengah sepatu berfungsi untuk melindungi kaki saat berjaalan.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger