Headlines News :
Home » , , » Sejarah Kabupaten Merangin

Sejarah Kabupaten Merangin

Written By Buana TV on Wednesday 2 July 2014 | 20:14

Lima Agustus, Empat Puluh Delapan tahun, lalu. Daerah yang bersemboyankan, “Bumi Tali Undang, Tambang Teliti,” Kabupaten Merangin yang merupakan salah satu kabupaten dari Sebelas, Kabupaten/Kota yang berada dalam wilayah, “Bumi Pucuk Jambi, Sembilan Lurah,” Provinsi Jambi, berulang tahun ke-48, (05 Agustus 1965 - 05 Agustus 2013).

Sebagai wilayah dari Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin yang berada di wilayah bagian barat Provinsi Jambi yang secara geografis terletak antara 101, 32, 11 - 102, 50, 00 Bujur Timur dan 1, 28, 23 - 1, 52, 00 Bujur Selatan, dengan luas wilayah 7.679 Km2 atau 745,130 Hektar dan terdiri dari 4.607 Km2 berupa Dataran Rendah dan 3.027 Km2, berupa Dataran Tinggi, dengan ketinggian berkisar 46-1.206 Meter dari permukaan Air Laut.

Dalam perjalanan pemerintahan, diawali atas dibentuknya Propinsi Daerah Tingkat I Jambi, juga dibentuknya Kabupaten Merangin, dengan wilayah hukum, Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Bungo Tebo, beribukota di Bangko.

Kemudian, ibukota Kabupaten Merangin dipindahkan ke Muara Bungo yang diputuskan melalui sidang DPRD. Selanjutnya, karena adanya Gerakan PRRI Tahun 1958, Kantor Bupati Merangin waktu di bakar.

Dibakarnya, Kantor Bupati waktu itu, selanjutnya dibangun, kembali pada Tahun 1965 sebagai persiapan Kantor Bupati Sarolangun Bangko. Berdirinya, Kabupaten Sarolangun Bangko diundangkan melalui UU Nomor. 7 Tahun 1965, dengan Pusat Pemerintahan, berada di Bangko.

Berdirinya Kantor Bupati Merangin, di Bangko, seroja sekarang, persis dipinggir Ujung Tanjung, Muaro Mesumai. Selanjutnya, pindah kekantor baru, Jalan Jenderal Sudirman, Km.2 arah Sungai Ulak, Kecamatan Nalo Tantan. Sedangkan, Kantor lama, Seroja sekarang, menjadi Kantor Dinas Pendapatan Daerah Tingkat II Sarolangun Bangko (Sarko), sekarang Kabupaten Merangin.

Perkembangan selanjutnya, karena adanya pemekaran wilayah yang diatur melalui UU Nomor. 54 Tahun 1999, tentang pembentukan Kabupaten Merangin, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Maka, wilayah Kabupaten Sarolangun Bangko dimekarkan menjadi dua Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin. Kabupaten Sarolangun beribukota di Sarolangun dan Kabupaten Merangin beribukota di Bangko.
Persisnya, Jalan Jenderal Sudirman, Km.2 persis depan Kantor Bupati Merangin. Disni, Jln. Dua Jalur, waktu sore jadi objek Wisata Santai, karena berdiri pohon-pohon hijau, diantara dua jalur dengan Jalan Lintas Sumatera. Terlihat, rameinya, kenderaan roda dua dan roda empat parkir disini. (ft/dok/Istimewa-Neone).

Atas dasar pembentukan wilayah Kabupaten Merangin, sesuai Undang-Undang Nomor 54 Tahun 1999, tentang pembentukan Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muara Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, tercatat dalam Lembaran Negara (LN) Tahun 1999, dan UU Nomor 182, TLN Nomor 39030.

Kabupaten Merangin merupakan Pengembangan dari Kabupaten Sarolangun Bangko dan kemudian ditetapkan, sebagai Hari Ulang Tahun, dan Tanggal 5 Agustus 1965, adalah momentum, sejarahnya.

Sebagai daerah, otonom dalam pembangunannya, ditetapkan pula Visi dan Misi, dari Kabupaten Merangin. Ada pun Visi dan Misi dari Kabupaten Merangin adalah VISI, pengembangan sistem Informasi Kesehatan Kabupaten Merangin. “Terwujudnya Informasi Kesehatan yang Evidence Based di Kabupaten Merangin”.

Sementara Misinya, untuk mewujudkan Visi yang ditetapkan, maka perlu didukung oleh Misi sebagai satu pernyataan dalam menetapkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Adapun Misi, dari pengembangan System Informasi Kesehatan Kabupaten Merangin, adalah.

Pertama, Mengembangkan pengelolaan data yang meliputi pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan analisis data. Kedua, Mengembangkan pengemasan data dan informasi dalam bentuk bank data, profil kesehatan, dan kemasan- kemasan informasi khusus.

Misi, ketiga. Mengembangkan jaringan kerjasama (kemitraan) dalam pengelolaan data dan informasi kesehatan. Keempat. Mengembangkan pendayagunaan data dan informasi kesehatan.

Merangin, sebagaimana geografisnya, wilayahnya berbatasan dengan. Sebelah Timur, dengan Kabupaten Sarolangun. Sebelah Barat, dengan Kabupaten Kerinci. Sebelah Utara, dengan Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo. Sebelah Selatan, dengan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.
Ilustrasi. Ujung Tanjung, Muaro Mesumai dan Pasar Bawah, Kota Bangko direkam Lensa Camera, diambil dari Atas Bukit, 9 Juni 2013, disitu Jam Gento, berdiri. (ft/dok/Istimewa-Neone).

Bila dilihat dari kondisi topografis wilayah Kabupaten Merangin secara umum dibagi dalam tiga bagian. Dataran rendah, Dataran sedang dan Dataran tinggi. Berada diatas ketinggian, berkisar antara 10-1.206 Meter DPL, dengan bentang alam rata-rata bergelombang.

Pada Dataran rendah, terletak pada ketinggian 0-100 Meter DPL, dengan luasan 42.77 Persen luas kabupaten. Wilayah Dataran sedang, terletak antara 100-500 Meter DPL, seluas 32.53 Persen luas kabupaten.

Sedangkan Dataran tinggi, terletak lebih dari 500 Meter DPL, seluas 14.5 Persen, dari luas Kabupaten Merangin meliputi Kecamatan Jangkat, Muara Siau, Lembah Masurai, Sungai Manau dan sebagian Tabir Ulu. Dataran rendah meliputi Kecamatan Bangko, Pamenang, Tabir, Tabir Selatan dan sebagaian Tabir Ulu.

Dilihat, Demografi. Kabupaten Merangin pada Tahun 2010, berpendsuduk 336.050 Jiwa. Hasil, Sensus Penduduk Tahun 2000, tercatat sebanyak 254.203 Jiwa. Mereka, kebanyakan penduduk, rata-rata masih didominasi kelompok usia muda.

Dari jumlah penduduk Kabupaten Merangin, menunjukkan bahwa jumlah penduduk dari tahun ketahun mengalami peningkatan, bertambahnya penduduk dapat diakibatkan pertumbuhan alami maupun pengaruh Migrasi. Pendudk Kabupaten Merangin, terdiri dari berbagai macam suku agama dan kepercayaan mereka hidup damai.

Kini, Kabupaten yang berulangtahu8n, ke-48 6 Agustus 2013, memiliki 24 Kecamatan, meliputi Kecamatan Jangkat, Sungai Tenang, Muara Siau, Lembah Mesurai, Tiang Pumpung, Pamenang, Pamenang Barat, Renah Pamenang, Pamenang Selatan, Bangko, Bangko Barat, Nalo Tantan, Batang Mesumai, Sungai Manau, Renah Pembarap, Pangkalan Jambu, Tabir, Tabir Ulu, Tabir Selatan, Tabir Ilir, Tabir Timur, Tabir Lintas, dan Kecamatan Tabir Barat.

Sumber : Data Pemkab Merangin
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger