Headlines News :
Home » , , » Sejarah Kabupaten Bungo

Sejarah Kabupaten Bungo

Written By Buana TV on Wednesday 2 July 2014 | 20:42

Sejarah Kabupaten Bungo
Kabupaten Bungo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian barat Provinsi Jambi. Kabupaten ini memiliki sejarah panjang peradaban masyarakat Melayu Jambi di hulu. Kabupaten ini juga menjadi pintu gerbang masuknya kebudayaan Minangkabau ke dalam wilayah Provinsi Jambi. Pada awal pembentukan Provinsi Jambi, Kabupaten Bungo masuk dalam wilayah Kabupaten Merangin. Perlu diketahui bahwa pada masa awal pembentukan Provinsi Jambi hanya ada dua kabupaten dan satu kota madya dalam wilayah Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Merangin, Kabupaten Batanghari, dan Kota Jambi. Terus dimana Kabupaten Bungo dan Kabupaten lainnya ??

Pada masa awal pembentukan Provinsi Jambi, Kabupaten Merangin wilayahnya meliputi Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Sarolangun dan Kabupaten Merangin(saat ini) dengan ibukotanya Bangko. Sedangkan Kabupaten Batanghari wilayahnya meliputi Kabupaten Batanghari(saat ini), Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan ibukotanya Kenali Asam. Sedangkan Kabupaten Kerinci pada masa awal pembentukan Provinsi Jambi bergabung dengan Provinsi Sumatera Barat dengan nama Kabupaten Pesisir Selatan dan Kerinci.

Kembali ke topik, pada tahun 1956 ibukota Kabupaten Merangin dipindahkan ke Muara Bungo hal ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun1956. Sejak saat itu Kabupaten Merangin ibukotanya bukan lagi Bangko melainkan Muara Bungo. Selanjutnya dengan luasnya wilayah Kabupaten Merangin dan mempertimbangkan untuk memudahkan pelayanan publik. Maka rakyat Kabupaten Merangin mendesak pemerintah pusat untuk melakukan pemekaran Kabupaten Merangin.

Tuntutan rakyat tersebut dikabulkan oleh pemerintah pusat dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1965 tentang pembentukan Kabupaten Sarolangun Bangko dan Kabupaten Muara Bungo Tebo. Kabupaten Sarolangun Bangko berpusat di Bangko sedangkan Kabupaten Muara Bungo Tebo berpusat di Muara Bungo.

Dengan ditetapkannya Kabupaten Muara Bungo Tebo menjadi Kabupaten baru maka dilantiklah Bupati Bungo pertama yaitu M. Saidi. Maka sejak 19 Oktober 1965 ditetapkan sebagi hari lahir Kabupaten Bungo. Untuk mempermudah penyebutan nama kabupaten maka DPRD Gotong Royong Kabupaten Muara Bungo Tebo memutuskan mengubah nama menjadi Kabupaten Bungo Tebo (Bute).

Dalam perkembangan selanjutnya, sejalan dengan era reformasi dan tuntutan otonomi daerah maka diadakan pemekaran Kabupaten Bungo Tebo menjadi Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo. Kabupaten Bungo berpusat di Muara Bungo sedangkan Kabupaten Tebo berpusat di Muara Tebo.

Sumber : Data Pemkab Kab Bungo
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger