Headlines News :
Home » , » Batanghari Berpotensi Jadi Wisata Sungai

Batanghari Berpotensi Jadi Wisata Sungai

Written By Buana TV on Sunday 22 June 2014 | 04:36

 http://mengenaljambi.blogspot.com/2014/06/batanghari-berpotensi-jadi-wisata-sungai.html
Batanghari Berpotensi Jadi Wisata Sungai. Sungai Batanghari yang ada di Provinsi Jambi punya banyak kelebihan untuk jadi tempat wisata sungai. Selain alam sekitar yang cantik, para traveler juga bisa melakukan wisata sejarah di bantaran Sungai Batanghari.

Di Indonesia, wisata sungai dinilai belum optimal. Selama ini sungai hanya digunakan untuk lokasi olahraga air, selain tentunya jadi sumber kehidupan untuk masyarakat setempat. Padahal, beberapa sungai dinilai sangat potensial untuk berwisata.

"Sungai Batanghari adalah salah satunya. Sangat berpotensi, terutama untuk river cruise alias pesiar sungai," tutur Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Sapta Nirwandar, dalam acara diskusi Strategi & Prioritas Pemasaran Pariwisata Indonesia 2012 di Ruang Rapat Lt 17 Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2012).

Selain itu, lanjut Sapta, Sungai Batanghari juga berpotensi untuk wisata sejarah dan petualangan. Hal ini disebabkan karena adanya kompleks Candi Muaro Jambi. Candi tersebut adalah situs peninggalan Kerajaan Sriwijaya, salah satu kerajaan yang disegani oleh negara lain pada masanya.

Sedangkan untuk traveler pecandu petualangan, tak ada salahnya memacu adrenalin di hilir Sungai Batanghari. Di sungai ini terdapat ombak yang bagus dan juga hilir sungai yang menantang.

"Hilir sungainya sangat unik. Ombaknya bagus, bisa main selancar di sungai! Ini sangat langka, hanya ada tiga di dunia," kata Sapta.

Selain Batanghari, dua sungai yang juga dinilai berpotensi adalah Sungai Barito di Kalimantan Selatan dan Sungai Musi di Palembang. Untuk Sungai Musi, September nanti akan digelar acara Musi Tributton 2012, yang jadi ajang besar kompetisi olahraga air.

"Sungai Musi sudah lumayan berkembang, ada kapal wisatanya juga," lanjut Sapta.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger