Headlines News :
Home » » Objek Wisata di Kabupaten Kerinci

Objek Wisata di Kabupaten Kerinci

Written By Buana TV on Sunday 22 June 2014 | 05:09


OBJEK WISATA ALAM

Taman Nasional Kerinci Seb1at (TNKS).

Kawasan TNKS merupakan hutan belantara tropis yang asli mempunyai luas areal 1.368.000 ha. terbentang di empat wilayah provinsi yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi. Empat puluh lima persen (45%) dari kawasan TNKS atau 422.190 ha. berada diwilayah provinsi Jambi membentang dari wilayah kabupaten Bungo Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kerinci sendiri. Sedangkan pusat kawasan TNKS terletak di kabupaten Kerinci dengan ibukota Sungai Penuh dengan jarak lebih kurang 491km dari kota Jambi. 
Kabupaten Kerinci yang merupakan enclave terbesar didunia, memiliki potensi alam dan budaya yang sangat menarik. Jenis flora yang ada dikawasan tersebut lebih dari 4000 macam dan didominasi oleh famili Dipterocar, Leguminase dan Ericarare. Sedangkan jenis fauna yang terdapat dikawasan TNKS terdiri dari 30 jenis mamalia. 139 jenis burung, 10 jenis reptil, 6 jenis amphibi dan 6 jenis primata.
Sedangkan satwa langka yang terdapat di kawasan tersebut adalah badak, gajah, tapir, harimau sumatra, macan akar, siamang, ungko dan simpai.

Menurut penduduk dalam kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli yang dikelola dengan sistem zonasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang kebudayaan, rekreasi dan pariwisata, Sedangkan fungsinya sebagai perbandingan penyangga sistem penyangga kehidupan, pengawasan
keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya serta pemanfaatannya secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Pada saat ini kantor TNKS di Sugai Penuh hanya dapat dicapai melaui jalan darat dari Padang, Jambi, Bengkulu dan Palembang. Dari kota-kota tersebut, Sungai Penuh dapat dicapai lewat jalan utama 

Dikawasan ini terdapat gunung vulkano aktif tertinggi di pulau Sumatra yaitu Gunung Kerinci (3.805 M DPL). Cekungan kawahnya dari sisi ke sisi berukuran 600 x 100 m2 dengan daerah lava aktif yang berwarna hijau kekuning-kuningan 120 x 100 m2. Suhu udara di daerah puncak berkisar 5 - 10"C bahkan dapat mencapai dibawah 0"C pada musim kemarau.
Dikaki gunung ini terhampar perkebunan teh PTP. VIII kayu Aro dengan luas 6.000 ha. 

Disamping itu terdapat pula Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau air tawar tertinggi di Asia Tenggara (1.996 M DPL) dengann ukuran panjang lebih kurang 4,5 km dan lebar lebih kurang 3 km serta dkelilingi oleh tujuh gunung dengan ketinggian 2.700 M DPL. 

Objek lain yang dapat dinikmati disekitar kawasan ini adalah :
  • Danau Belibis : Dengan luas lebih kurang 2 ha. yang berperan sebagai sumber air bagi  berbagai kehidupan diluar timur gunung Kerinci dan juga merupakan tempat minum  berbagai jenis satwa. 
  • Air terjun Telun Berasap : Dengan tinggi lebih kurang 45m dan lebar 10m mengeluarkansuara gemuruh dan menimbulkan uap-uap air menyerupai asap. Air terjun Telun Berasap terletak diperbatasan antara kabupaten Solok, Sumbar dengan kabupaten Kerinci, Jambi 
  • Air panas Semurup : Terletak 11km dari Sungai Penuh yang merupakan air panas alami sebagai hasil kegiatan vulkanik masa lalu. Luas permukaan air panas Semurup ini kuranglebih 75 m2 dengan kedalaman lebih kurang 4m. Dapat kita saksikan ssemburan air dan gelombang yang naik ke permukaan. Di bagian tepinya pengunjung dapat merebus pisang, jagung dan teiur selama kurang lebih 15 menit.
  • Goa Kasah : Yang terletak pada ketinggian 1.400 M DPL dan merupakan suatu tempat sakral bagi masyarakat setempat. Hai ini herkaitan derrgan ditemukannya tempat duduk yang terbuat dari batu dan lukisan didinding yang menyerupai babi hutan dan wanita berambut terurai. Didalam goa ini terdapat beberapa goa-goa kecil yang membentuk ruangan-ruangan kecil. Ukuran ruang utmanya 15 x 8m dengan ketinggian langit-langit 15 m. Goa ini terletak 5 km dari desa Kersik Tuo. Dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam.
  • Rawa Ladeh Panjang : Rawa ini mempunyai luas 150 ha. merupakan lahan basah yang unik dan menarik karena merupakan rawa gambut tertinggi di Sumatra (1.950 M DPL),  dapat dicapai dengan berjalan kaki dari desa Kebun Baru lebih kurang 1jam.
  • Bukit Tapan : Merupakan cagar alam yang dimaksud untuk perlindungan tipe ekosistem khas setempat, Dikawasan ini dapat ditemui tegakan murni pinus Kerinci (pinus merkusi strain kerinci) yang mempunyai kulit batang halus. Bukit Tapan berada lebih kurang 17 km  dari Sungai Penuh.
  • Danau Kerinci : Danau ini dengan luas 5.O00 ha merupakan salah satu danau terbesar di Sumatra disamping Danau Toba di Sumatra utara, Danau Singkarak di Sumatra Barat.  Pada danau ini terdapat tumbuhan air seperti enceng gondok, ganggang dan ikan danau  sepert ikan baraun ikan semah dan koan.
  • Air terjun Tujuh Tingkat : Bagi wisitawan yang senang dengan kegiatan cross country  atau wisata a1am, objek wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan itu. Untuk  mencapai objek wisata, wisatawan harus melewati hutan produksi kayu manis dan hutan  lindung Seperti namanya, objek ini memiliki air terjun tujuh tingkat. Air terjun tujuh tingkat  pertama tingginya lebih kurang 6 meter yang merupakan air sungai yang jatuh pada tebing  terjal. Menyusuri sungai ini kearah hulu akan ditemui pula air terjun tingkat ke dua yang  tingginya 50 meterdan air yang jatuh seperti butir-butir uap air. Seterusnya pendakian dapat  di teruskan ke tingka ke tujuh melalui hutan lindung yang banyak terdapat tumbuh-tumbuhan  rotan manau. Bagi petualang pemula cukup sampai ke air terjun tingkat kedua.
Desa Koto Lebu Tinggi atau Desa Mukai Tinggi kecamatan Gunung Kerinci merupakan perjalanan keair terjun tingkat ini. Untuk mencapai kedua desa tersebut harus menempuh perjalanan jauh lebih kurang 16 km dari kota Sungai Penuh dengan kendaraan bus.

OBJEK WISATA BUDAYA
  1. Mesjid kuno Pondok Tinggi dan rumah panjang (Rumah Larik Kereta ) Mesjid kuno Pondok Tinggi dibangun pada tahun 1874 dan daya tampung 2000 orang  jamaah. Disamping mempunyai relif-relif yang anggun dan juga tempat azan yang unik.  mesjid ini merupakan bangunan hasil perpaduan Arab dan Roma .
  2. Makam Depati Parbo.
  3. Mesjid Keramat di Pulau Tengah
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger