Headlines News :
Home » , » Mata Pencarian Masyarakat Jambi

Mata Pencarian Masyarakat Jambi

Written By Buana TV on Wednesday 18 June 2014 | 08:23

Mata Pencarian Masyarakat Jamb. Hubungan manusia dengan lingkungan yang mereka tempati memiliki ikatan yang kuat dan saling mempengaruhi. Demikian juga dengan kondisi alam dan masyarakat yang hidup di Desa Muara Jambi. Wilayah Desa Muara Jambi yang dibelah oleh aliran sungai Batanghari merupakan sumber daya alam yang sangat kuat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Selain hamparan dataran rendah yang subur akibat kiriman Lumpur banjir sungai Batanghari. Sumber daya lainnya yang dianugerahikan sungai Batanghari kepada masyarakat desa adalah kandungan ikan. Sumber daya ini menjadi slah satu sumber mata pencaharian penduduk desa. Dengan mengunakan peralatan menangkap ikan, seperti : tajur, pancing, jala dan lukah. Kegiatan menangkap ikan dilakukan masyarakat pada waktu malam hari. Mata pancaharian lainnya yang masih berhubungan dengan mata pencaharian adalah pelayanan jasa transportasi. Sebelum adanya sarana jalan darat daerah ini, satu-satunya sarana transportasi yang biasa diman faatkan untuk bisa mencapai daerah ini adalah dengan mengunakan jasa transportasi sungai. Jasa ini menjadi primadona dan mencapai kejayaannya sebelum hadirnya sarana jalan dan mulai banyak masyarakat yang memiliki kendaraan sepeda motor.

Sekarang jasa ini digunakan sebagai sarana penyeberangan dan digunakan untuk sarana transportasi wisata air, baik di daerah aliran sungai yang ada di Desa Muara Jambi maupun membawa pengunjung yang ingin menuju Desa Muara Jambi dengan menelusuri sungai Batanghari. Terkait dengan sarana penyeberangan yang ada di Desa Muara Jambi, lokasi daerah penyeberangan ini oleh masyarakat setempet disebut dengan nama pelayangan. Keberadaan sarana penyeberangan ini merupakan badan usaha milik desa yang dikelolah secara sarana penyeberangan ini. Setiap tahun di Desa Muara Jambi dilaksanakan kegiatan lelang pengelola sarana penyeberangan ini.

Sebelumnya pada pelaksanaan lelang ini hanya diikuti oleh masyarakat yang memiliki modal/dana. Namun dalam kurun waktu dua tahun terakhir, cara ini dirubah menjadi lelang yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Desa Muara Jambi meskipun lelang memiliki dana untuk memberikan kesempatan pada masyarakat agar memilki kesempatan yang sama untuk dampak social dan memberikan peluang bagi masyarakat desa yang tergolong berada dibawah garis kemiskinan. Jika pada saat acara lelang yang diselenggarakan setiap tahunnya mereka mendapatkan keberuntungan untuk mengelola jasa penyeberangan ini. Kesempatan ini merupakan peluang bagi mereka untuk memperbaiki taraf kehidupan meraka kearah yang lebih baik. Diperkirakan pengelola jasa penyeberangan ini bisa mendapatkan hasil kotor sebesar 3 juta setiap bulannya setelah dikurangi setoran yang harus mereka bayar ke kas desa.

Sistem mata pencaharian utama penduduk Desa Muara Jambi yang utama adalah dari kegiatan pertanian, baik berupa padi lading maupun perkebunan seperti : Duren, Duku, Cokelat, Karet, Sawit dll. Pada saat musim behumo , selain menunggui kebun meraka yang sedang berbuah (duren,duku). Biasanya pada saat mereka juga melakukan aktifitas menanam jenis tanaman kultikultura, seperti : tomat, cabe dll.

Selain mendapatkan penghasilan dari hasil penjualan panen buah duren dan duku. Masyarakat juga memilki sumber mata pencaharian tambahan dari pemanfaatan kebun yang ada disekitar perkarangan rumah. Biasanya disekitar perkarangan rumah ini mereka tanami pohon pisang dan tanaman apotik.

Sumber: Draf Nominasi Daftar World Heritage, UNESCO - Situs Percandian Muarajambi (Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, 2009)
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger