Headlines News :
Home » » Objek Wisata di Kabupaten Merangin

Objek Wisata di Kabupaten Merangin

Written By Buana TV on Sunday 22 June 2014 | 05:16

 http://mengenaljambi.blogspot.com/2014/06/objek-wisata-di-kabupaten-merangin.html
Objek Wisata di Kabupaten Merangin. Objek wisata alam yang menjadi andalan daerah ini yang menjadi tujuan wisata yang rnenarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara terinventarisi sebagai berikut :

Goa Ulu Tiongko

Goa Ulu Tiongko seluas 1 ha. terletak di kecamatan Sungai Manau mempunyai keanekaragaman flora dan fauna. Habitat fauna burung walet dan kelelawar serta fenomena goa alam. Dikawasan ini pada radius 2-5 km terdapat 10 buah goa dengan beraneka ragam berbentuk yang unik dan menarik, terbuat dari stalagtit yang aiami seperti goa sengering, goa mesjid, goa keruh, goa teretak, goa pancur, goa batu. Goa tali, goa putih, goa senamat
dan goa sungai batang.Lokasi goa ini terletak 9 km dari ibukota kecamatan Sungai Manau. 

Potensi lain yang mendukung objek goa Ulu Tiongko seperti :

  1. Grao Solar, Grao Nguah, Grao Kunyit di Jangkat lebih kurang 76 km dari Bangko. Keunikan grao ini adalah semburannya mencapai ketinggian 15 m dan sangat jernih. Hutan disekitar ini merupakan habitat gajah serta berbagai jenis satwa lainnya.
  2. Gunung Masurai di Dusun Sungai Lalang kecamatan Muara Siau
  3. Gunung Sumbing, Lokasi padang satwa Inung Raya Guning Sumbing di dusun Tuo kecamata Muara Siau dapat dicapai satu hari perjalanan dari Dusun tuo melalui jalan setapak. Di Dusun juga terdapat batu karang dan air terjun Segerincing.
  4. Danau Pauh mempunyai luas lebih kurang 80 ha. dengan ketinggian lebih kurang 1.200 M DPL. terletak di kecamatan Jangkat.
  5. Danau Depati Empat dengan luas lebih kurang 271 ha. terletak di kecamatan Jangkat. Apabila diterpa sinar matahari pada sang hari akan terlihat airnya mempunyai tiga warna.
  6. Arung jeram sungai Merangin.
Objek Wisata Budaya
  1. Perkampungan kuno Rantau Panjang, Perkampungan kuno Rantau Panjang kecamatan Tabir berjarak lebih kurang 30 km dari kota Bangko. Diperkampungan ini terdapat lebih kurang 32 rumah tradisonal berukuran besar dan
  2. diperkirakan berumur lebih kurang 500 tahun yang banyak menyimpan benda-benda pusaka. Salah satu rumah dipugar menurut aslinya dibawah pengawasan pemerintah (monomentenosdonasi starblad 1931 No.238). Dikalangan masyarakat masih banyak ditemukan benda-benda budaya dan sejarah seperti upacara adat, tenun ikat Jambi dan batik Jambi.
  3. Pendulangan emas secara tradisional di sungai Batang Merangin.
  4. Objek Wisata Arboretum Rio
  5. Objek wisata ini merupakan tempat penangkaran buaya terdapat di dusun Mudo 5 km dari kota Bangko.
  6. Sungai Misang yang indah yang dijadikan pusat kegiatan MTQ Provinsi Jambi tahun 2OO1 merupakan satu kawasan hutan alami yang berkaitan dengan objek wisata Ujung Tanjung Muara Mesumai dan Gento/ Tugu Nasional.
  7. Menara jam (Gento Merangin) di Bangko. Dari sini dapat dilihat lokasi pasar Bangko, perkantoran dan pemukiman penduduk. Dibawah gento ada bangunan tempat radio pemda Merangin mengudara menyapa penggemarnya.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger