Headlines News :
Home » , , » Penemuan Susunan Batu di Sungai Tenang Diduga Peninggalan Megalitikum

Penemuan Susunan Batu di Sungai Tenang Diduga Peninggalan Megalitikum

Written By Buana TV on Tuesday 24 June 2014 | 20:56

Penemuan Susunan Batu di Sungai Tenang Diduga Peninggalan Megalitikum. Penemuan kontruksi berupa susunan batu di Desa Koto Tapus, Kecamatan Sungai Tenang, Merangin diperkirakan merupakan penginggalan zaman batu besar atau megalitikum 600-10 ribu sebelum Masehi (SM).

Hal ini dikatakan pengamat budaya sejarah Jambi, Junaidi T Noor. "Saya sudah melihat dokumen foto penemuan susunan batu di Merangin. Analisa saya itu peninggalan zaman megalitikum," katanya, Senin (23/3).

Menurutnya, ciri-ciri peninggalan zaman megalitikum atau zaman batu besar adalah batunya sudah berbentuk. "Foto yang kita lihat memang batunya persegi, lonjong dan sebagainya. Itu pasti zaman batu besar yang usianya kisaran 600 - 10 ribu tahun sebelum masehi," ujarnya.

Ia belum bisa memastikan apakah itu zaman batu tua, batu madya atau batu muda. "Bila dilihat dari batunya yang persegi, itu ada dua kemungkinan apakah zaman batu madya atau batu muda. Untuk memastikan itu, kita butuh penelitian langsung ke lapangan," katanya.

Ia menjelaskan, peninggalan megalitikum banyak ditemukan disepanjang Bukit Barisan. Itu merupakan ras melayu tua yang bertempat tinggal di dataran tinggi.

"Daerah Jangkat, Batang Asai, Kerinci dan daerah lainnya disepanjang Bukit Barisan merupakan warisan ras melayu tua. Itu jalur Bukit Barisan juga banyak ditemukan peninggalan zaman megalitikum. Tidak hanya di Bengkulu dan Palembang, tapi sampai di daerah Medan. Intinya dijalur Bukit Barisan," ujarnya lagi.

Balai Cagar Budaga (BBC) Jambi, katanya habis lebaran Idul Fitri nanti, akan melakukan penelitian langsung ke lokasi penemuan bersama Balai Arkeologi Palembang.

"Hasil penelitian akan dilaporkan ke Arkelogi Nasional (Arkeonas). Bupati Merangin Al Haris sangat antusias terhadap hal ini. Beliau sudah menyurati provinsi untuk segera melakukan penelitian, saya lihat suratnya," katanya.

Hal senada dikatakan Kadis Budaya dan Pariwisata Jambi, Edi Erizon, melalui sekretaris Bujang.

"Kita sudah liat fotonya, analisi kita itu zaman megalitikum. Itu banyak kemiripan dengan peninggalan megalitikum lainnya seperti batu larung di Desa Tuo Kecamatan Lembah Masurai, Merangin. Selain itu bentuk batunya juga menyerupai zaman batu besar," katanya kepada wartawan.

Seperti diberitakan, baru-baru ini masyarakat Desa Koto Tapus kecamatan Sungai Tenang menemukan hamparan batu-batu besar mirip konstruksi Candi dan gua seluas 4 hektare.

http://jambi.tribunnews.com/2014/06/24/penemuan-susunan-batu-di-sungai-tenang-diduga-peninggalan-megalitikum
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger