Headlines News :
Home » » Bajago sahur (Tradisi membangunkan orang sahur bulan Ramadhan di Jambi)

Bajago sahur (Tradisi membangunkan orang sahur bulan Ramadhan di Jambi)

Written By Buana TV on Saturday 21 June 2014 | 21:39

Nyaris setiap daerah memiliki cara unik menjalankan ibadah puasa. Di Jambi, masyarakat setempat memiliki tradisi membangun warga untuk menyantap sahur yang disebut bajago sahur. Begitu juga yang dilakukan sekelompok pemuda di Kelurahan Simpang Tiga Sipin, Jambi, baru-baru ini.

Kegiatan ini ditandai dengan pemukulan bedug yang diusung sejumlah pemuda dengan menggunakan becak. Untuk memperindah alunan nada, tak jarang mereka menepuk rebana. Sementara para pemuda lain berteriak melagukan sahuuuur, sahuuur, untuk membangunkan warga. Aktivitas ini dilakukan dengan berkeliling kampung dan biasanya dimulai sekitar pukul 01.30 hingga pukul 02.30 WIB.

Dahulu, tradisi bajago sahur dapat ditemui hampir di setiap desa di Kota Jambi. Tapi, kini, tradisi yang dinilai cukup efektif membangunkan warga bersantap sahur ini sudah terbilang langka. Pasalnya, para pemuda yang menyempatkan diri untuk tidur di langgar atau masjid kian sedikit. Saat ini, kegiatan bajago sahur paling minim digelar sekali dalam sepekan. Itu pun di wilayah-wilayah tertentu seperti yang dilakukan sejumlah pemuda di Kelurahan Simpang Tiga Sipin Jambi tersebut.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Blog | SEPRIANO | PARIWISATA JAMBI
Copyright © 2016. PARIWISATA JAMBI - All Rights Reserved
Template Created by Blogger Published by Blogger
Proudly powered by Blogger